UPTD Puskesmas Tawangrejo yang terletak di Jl. Tawangsari No.39 Kelurahan Tawangrejo merupakan salah satu dari 6 Puskesmas yang terdapat di Kota Madiun. Pada waktu berdirinya Puskesmas Tawangrejo masih berupa Puskesmas Pembantu (Pustu) dari UPTD Puskesmas Oro-oro Ombo dengan pembagian wilayah Tawangrejo. Namun seiring dengan laju perkembangan Kota Madiun, Pada tahun 2007 Pustu Tawangrejo ditingkatkan menjadi Puskesmas Induk. Dan seiring berjalannya waktu, hingga saat ini UPTD Puskesmas Tawangrejo mampu menyediakan berbagai Ruangan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sekitar, diantaranya adalah Ruang Rawat Jalan meliputi Poli Umum, Poli KIA & KB, Poli Gigi, Poli Gizi, Ruang Rawat Inap, UGD, Ruang Bersalin, serta Ruangan penunjang lainya seperti Ruang LAB & Apotek.

Setelah Menjadi puskesmas induk, Wilayah UPTD Puskesmas Tawangrejo terbagi atas :

1) Kelurahan Tawangrejo : 1,77 Km2

2) Kelurahan Rejomulyo : 2,03 Km2

3) Kelurahan Pilangbango : 1,21 Km2

4) Kelurahan Kelun : 0,96 Km2

Dalam menjalankan peran dan fungsi sebagai puskesmas induk, UPTD Puskesmas Tawangrejo mempunyai 3 (tiga) puskesmas pembantu, yaitu :

1) Pustu Rejomulyo

2) Pustu Pilangbango

3) Pustu Kelun

Pada tahun 2013, Puskesmas Tawangrejo mengalami perubahan status kembali dari puskesmas non keperawatan menjadi puskesmas keperawatan.

Batas wilayah kerja UPTD Puskesmas Tawangrejo adalah sebagai berikut :

· Sebelah Barat : Kelurahan Sukosari, Kota Madiun.

· Sebelah utara : Kelurahan Patihan, Kota Madiun dan Kecamatan Nglames, Kabupaten Madiun.

· Sebelah Timur : Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun.

· Sebelah Selatan : Kelurahan Oro-oro Ombo dan Kelurahan Kanigoro, Kota Madiun.

By admin