Merokok merupakan aktivitas penting bagi seseorang yang sudah kecanduan rokok, namun menjadi aktivitas yang kurang disukai banyak orang, bahkan kadang terganggu oleh asap yang dikeluarkan oleh aktivitas tersebut. Bahkan, perokok yang telah beralih dari rokok konvensional ke rokok elektrik sering kali juga merasa terganggu oleh asap rokok konvensional.

Meskipun merokok terlihat sebagai kegiatan yang memberikan kenyamanan, namun akhirnya merokok dapat membuat hidup seseorang menjadi lebih redup dalam banyak aspek.

Beberapa Dampak Rokok antara lain :

  1. Dampak Kesehatan
    Paparan secara terus-menerus terhadap asap rokok akan merusak jaringan paru-paru dan mengganggu kemampuan paru-paru untuk berfungsi dengan baik. Merokok juga akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya, termasuk gangguan pada sistem pencernaan, gangguan pada sistem kekebalan tubuh, dan kerusakan pada gigi dan gusi. Bahkan pada sebagian orang dapat menyebabkan kelainan janin pada anak yang dikandung dan impotensi.
    Merokok juga menjadi faktor risiko utama untuk berbagai jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, esofagus, pankreas, dan kandung kemih. Zat-zat kimia yang terdapat pada asap rokok dapat merusak DNA dalam sel-sel tubuh makhluk hidup, utamanya manusia, sehingga menyebabkan pertumbuhan sel-sel tidak normal yang dapat berkembang menjadi kanker. Konsumsi rokok secara terus-menerus akan mengurangi kualitas hidup seseorang dan bahkan dapat menyebabkan kematian.
  2. Dampak Sosial
    Merokok juga dapat merugikan secara sosial, karena tidak semua orang tahan dengan asap rokok, baik orang yang mengidap penyakit pernapasan, pasca stroke, alergi asap, penyakit lainnya maupun unsur sosial yang menyebabkan seseorang merasa terganggu apabila terkena asap rokok atau bau asap rokok. Di samping itu, merokok di dekat ibu hamil atau anak dapat menyebabkan gangguan kehamilan dan tumbuh kembang anak.
    Paparan terhadap perilaku merokok dalam lingkungan sosial dapat mempengaruhi anak-anak dan remaja untuk mencoba merokok. Kebiasaan merokok yang dilakukan orang dewasa sangat mempengaruhi persepsi anak dan remaja tentang merokok dan meningkatkan kemungkinan mereka untuk mulai merokok pada usia yang sangat muda. Bahkan di lapangan kita temukan ada balita yang telah mahir merokok, dikarenakan berada di lingkungan perokok dan terpengaruh oleh lingkungannya.
  3. Dampak Ekonomi
    Merokok bukan hanya merugikan dari segi kesehatan tetapi juga dari segi finansial. Biaya merokok dapat menjadi beban yang cukup besar, terutama jika dihitung dalam jangka panjang. Uang yang dihabiskan untuk membeli rokok bisa digunakan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat.
    Merokok juga memiliki dampak ekonomi negatif yang signifikan pada tingkat makro. Negara-negara dengan tingkat merokok yang tinggi sering kali mengalami beban ekonomi yang lebih besar dikarenakan biaya perawatan kesehatan yang tinggi dan produktivitas yang menurun. Selain itu, pengeluaran yang tinggi untuk memerangi dampak kesehatan yang disebabkan oleh merokok dapat mengurangi sumber daya yang tersedia untuk pengembangan infrastruktur dan layanan publik lainnya.
  4. Dampak Psikologis
    Nikotin sebagai salah satu zat adiktif yang merupakan kandungan asap rokok, akan menyebabkan ketergantungan fisik dan psikologis.Merokok sering digunakan sebagai koping mekanisme untuk mengatasi stres, kecemasan, atau tekanan emosional lainnya. Namun, hal tersebut merupakan solusi sementara yang tidak efektif dan dapat merugikan kesejahteraan psikologis dalam jangka panjang.

 

sumber: ayo sehat kemkes

By admin