INOVASI 2022

1. PESAN SINGKAT MAS TARJO
Pelayanan berupa Informasi seputar Kehamilan dan Persalinan melalui aplikasi group WhatsApp, KIE dan Pelayanan tentang KB Pasca Persalinan, KIE tentang ASI Eksklusif dan Breast Care, Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Akte Kelahiran serta Pendampingan Ibu dan Bayi sampai dengan Kunjungan Neonatal dan Nifas ke-2

2. TAWA SEHAT (Tambah Wawasan dengan Penyuluhan Kesehatan)
Kegiatan Penyuluhan kesehatan serta kegiatan dalam memberikan infomasi kesehatan pada saat pasien menunggu di ruang tunggu, dilakukan setiap hari senin sampai dengan jum’at oleh tenaga medis yang sudah dijadwalkan Pukul 07.45 – 08.00

3. Santun Lansia “MEDALI PERUNGGU” (Mendukung Lansia Sehat Dengan Persingkat Waktu Tunggu)
Salah satu pelayanan yang mengutamakan Lansia untuk periksa dan berobat tanpa menunggu antrian lama dengan dibukakan Poli Khusus Santun Lansia yang buka setiap hari selasa dan rabu. Adapun pelayanannya meliputi pemeriksaaan umum, pemeriksaan dokter, pemeriksaan Laboratorium, pengambilan obat, semua ada di poli santun lansia tanpa mengantri di tempat laennya.

4. TOSS TB SHAMANTHA (Temukan Obati Sampai Sembuh TB, Sharing Bersama Petugas Pemantau)
Merupakan pengembangan inovasi program TBC Pemerintah, Petugas menemukan kasus TBC maupun suspect dengan pemeriksaan TCM. Hasil pemeriksaan diinfokan melalui telepon / WA. Melakukan tracing kontak erat serumah dan memberikan pengobatan sampai sembuh. Pemantauan pengobatan dengan sharing, mengingatkan jadwal pengambilan oat melalui telepon/WA dan pemantauan pengobatan Kerjasama dengan PMO (Pengawas menelan obat)

5. PELITA MAS TARJO (Optimalisasi Pelayanan Klinik Sanitasi Puskesmas Tawangrejo)
Pelayanan konsultasi kesehatan lingkungan (klinik sanitasi senin –kamis  jam 7.30 – 10.00);
Inspeksi kesehatan lingkungan, intervensi kesehatan kingkungan terhadap penyakit yang berbasis  lingkungan


6. OPYANSI (Optimalisasi Pelayanan Kefarmasian)
Pasien TB/HIV/KUSTA dan balita diutamakan (tidak perlu antri)
Monitoring efek samping obat pada kartu monitoring di unit layanan bagi pasien yang alergi obat

7. CETING BERAS MAS TARJO (Cegah Stunting Bersama Puskesmas Tawangrejo)
Penjaringan balita stunting melalui posyandu
Penyuluhan stunting di posyandu dan penempelan stiker di buku kia
Scan barcode untuk masuk ke group wa
Setiap 1 bulan sekali tenaga kesehatan memberikan edukasi kesehatan dalam grup tersebut

8. PENDAKI MAS TARJO (Pencegahan Dan Pengendalian Surveilans Di Puskesmas Tawangrejo)
Pemberian informasi, Penyelidikan dan edukasi mengenai Surveilans Campak