Gerakan Nasional Aksi Bergizi di SMP Negeri 8 Kota Madiun bersama dengan UPTD Puskesmas Tawangrejo yang dilaksanakan hari Kamis (22/08) merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran siswa siswi dalam membiasakan mengkonsumsi TTD (Tablet Tambah Darah), makan makanan dengan menu gizi seimbang isi piringku dan aktivitas fisik. 

Pada kegiatan yang dilaksanakan secara nasional di sekolah sekolah tingkat SMP/MTS, SMA/MI, SMK, Pesantren sederajat tersebut mengusung pesan kunci, yaitu “Hidup Sehat Sejak Sekarang Untuk Remaja Kekinian”. Dengan gerakan ini, semoga akan menjadi sarana yang efektif dalam meningkatkan derajat kesehatan dan investasi generasi bangsa di masa yang akan datang,”

Namun, saat ini Indonesia termasuk ke dalam negara yang memiliki tiga permasalahan gizi sekaligus, yakni stunting (tubuh pendek), wasting (kurus) dan obesitas pada anak serta kekurangan zat gizi mikro seperti anemia. kegiatan ini merupakan momentum untuk bersama-sama menyatukan sikap dan komitmen mensinergikan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui aksi bergizi bagi siswa dan siswi.

Jadi aksi ini untuk mengajak para siswa agar rutin mengkonsumsi makanan bergizi guna mencegah stunting Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa rangkaian kegiatan untuk memeriahkan acara “Gerakan Nasional Aksi Bergizi”, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Senam Bersama
  2. Makan Bersama
  3. Minum Tablet tambah Darah (TTD)
  4. Penyuluhan Anemia oleh Dokter
  5. Doorprize
  6. Skrining kesehatan gigi
  7. Skrining kesehatan tekanan darah
  8. Test Buta Warna
  9. Skrining perilaku merokok
  10. Pemeriksaan HB
  11. Penyebarluasan melalui Media Sosial

By admin