Lagi!! Puskesmas Tawangrejo Launching Posyandu ILP di Rejomulyo

Launching Posyandu ILP Rejomulyo 1 diresmikan Senin, 14 Oktober 2024 dan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Pengendelian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Madiun, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Kartoharjo, serta Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Rejomlyo. Posyandu Integrasi Layanan Primer fokus untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan melakukan peningkatan dan penguatan promosi serta pencegahan bagi sasaran siklus kehidupan, serta memperkuat pemantauan wilayah setempat. 

Penerapan ILP di Posyandu menjadi tantangan tersendiri bagi Puskesmas Tawangrejo beserta Kader Kesehatan dan bentuk pemberdayaan masyarakat. Posyandu di era transformasi layanan primer dilaksanakan minimal 5 kader kesehatan yang didampingi petugas kesehatan, layananannya terintegrasi (melayani) dengan semua usia (siklus hidup) mulai dari ibu hamil, Balita, remaja, usia produktif dan lanjut usia. Di era sebelum ILP, posyandu identik dengan pelayanan ibu hamil dan balita saja. Tidak hanya itu, pelayanan Posyandu dilakukan terpisah baik dari ibu hamil & balita maupun lansia dan Posbindu. Diharapkan tranformasi layanan primer (ILP) di Posyandu dapat menguatkan pelayanan kesehatan di wilayah masyarakat desa, dengan menyediakan pelayanan kesehatan yang berkesinambungan. 

Pada era transformasi layanan primer ada istilah Posyandu Prima, posyandu prima merupakan posyandu yang sudah melayani kesehatan 5 siklus hidup manusia. Pada posyandu prima terdapat 5 langkah alur pelayanan posyandu atau yang dulu dikenal dengan pelayanan 5 meja yang wajib ada dalam pelaksanaan posyandu prima. Lima langkah pada posyandu prima yaitu:

  1. Langkah 1 : kader melakukan pendaftaran
  2. Langkah 2 : kader melakukan pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, dan tekanan darah pada sasaran usia dewasa dan lanjut usia
  3. Langkah 3 : kader melakukan pencatatan hasil penimbangan dan pengukuran pada Kartu Bantu Pemeriksaan di Posyandu serta Kader menjelaskan kesimpulan dan tindaklanjutnya
  4. Langkah 4 : tenaga kesehatan melakukan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan rapid test gula darah, gangguan indera, skrining TBC, skrining PUMA, skrining kesehatan jiwa, dan skrining lansia. Tenaga kesehatan menindaklanjuti kesimpulan hasil penimbangan dan pengukuran
  5. Langkah 5 : kader menyuluh kesehatan terkait aktivitas fisik, Germas, cek kesehatan, risiko penyakit terbanyak (obesitas, hipertensi, stroke, kanker, PPOK, TBC, diare, kesehatan jiwa, dan geriatri), dan edukasi keluarga berencana bagi usia dewasa dan lansia Pelayanan lanjut usia

Diharapkan Posyandu Rejomulyo 1 yang saat ini resmi bertransformasi menjadi layanan primer, dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat di sekitar posyandu. Tidak hanya itu, Posyandu Rejomulyo 1 nantinya dapat menjadi sarana tempat belajar bagi Kader Kesehatan atau Posyandu di Kelurahan Rejomulyo yang berlum melaksanakan tranformasi layanan primer. 

  • Related Posts

    Daily Update Mas Tarjo Edisi Mei 2025

    Daily Update Mas Tarjo – Pelatihan Tim PMT Lokal

    You Missed

    UMPAN BALIK KELUHAN PELANGGAN MEI 2025

    • By admin
    • June 2, 2025
    • 8 views
    UMPAN BALIK KELUHAN PELANGGAN MEI 2025

    Laporan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2025

    • By admin
    • June 2, 2025
    • 11 views
    Laporan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2025

    Daily Update Mas Tarjo Edisi Mei 2025

    • By admin
    • May 23, 2025
    • 39 views
    Daily Update Mas Tarjo Edisi Mei 2025

    !!! WASPADA PENIPUAN !!!

    • By admin
    • May 16, 2025
    • 5 views
    !!! WASPADA PENIPUAN !!!

    Tawa Sehat Reborn Episode 3

    • By admin
    • April 30, 2025
    • 6 views
    Tawa Sehat Reborn Episode 3

    UMPAN BALIK KELUHAN PELANGGAN APRIL 2025

    • By admin
    • April 30, 2025
    • 5 views
    UMPAN BALIK KELUHAN PELANGGAN APRIL 2025