Madiun – Rangkaian Rapat Koordinasi (Rakor) Kelurahan Siaga Aktif telah usai dilaksanakan di seluruh Kelurahan Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Tawangrejo pada Mei 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh Forum Komunikasi (Forkom) Kelurahan Siaga Aktif masing-masing kelurahan (Tawangrejo, Kelun, Rejomulyo, dan Pilangbango).

Kelurahan siaga merupakan sarana yang dapat diberdayagunakan oleh semua program kesehatan guna mewujudkan masyarakat sehat secara mandiri. Diharapkan masyarakat Kelurahan siaga mempunyai kemandirian di bidang kesehatan. Suatu kelurahan bisa dikatakan sebagai kelurahan siaga aktif jika :

  1. Penduduknya dapat mengakses pelayanan kesehatan dasar (yankesdas) setiap hari.
  2. Penduduknya dapat mengembangkan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM).
  3. Melaksanakan Surveillance Berbasis Masyarakat (SBM) : a. Pemantauan penyakit, b. Pemantauan kesehatan ibu dan anak (KIA), c. Pemantauan gizi, dan d. Pemantauan lingkungan dan perilaku.
  4. Penduduk dapat memahami dan mengatasi kedaruratan kesehatan.
  5. Penduduk dapat memahami cara penanggulangan bencana.
  6. Masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kegiatan Rapat Koordinasi Kelurahan Siaga Aktif ini diharapkan dapat mempercepat pencapaian target kelurahan Siaga aktif, serta refreshing informasi mengenai Keluarga Siaga Aktif kepada Forkom Kelurahan. Selain itu, adanya pertemuan koordinasi ini diharapkan dapat menjadi wadah penyamaan persepsi bagi Lurah, petugas kesehatan, kader kesehatan dan sektor-sektor terkait di Kelurahan. Pertemuan ini juga diperlukan sebagai dasar untuk memperoleh masukan dan saran penyusunan perencanaan kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya.

 

By admin